PEMANFAATAN MEDIA TRADISIONAL
DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diberikan kepada peserta didik dimulai dari sekolah dasar, tujuannya adalah untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,analitis,sistematis,kritis dan kreaktif
Untuk belajar matematika sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan membutuhkan peralatan yang mahal dan mewah,yang diperlukan adalah kekreatifan.Misalnya apa yang ada di alam bisa dijadikan media pembelajaran matematika sebagai contoh lidi dari daun kelapa.Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa lidi kelapa tidak ada kaitannya dengan matematika,tapi dalam kasus ini lidi kelapa kalau dimanfaatkan sebaik mungkin dalam pembelajaran matematika maka ia akan sangat membantu proses pembelajaran,misalnya lidi kelapa tersebut dapat dijadikan alat hitung dalam mengerjakan soal-soal matematika.Ini terbukti,sejak dulu anak-anak di desa yang kurang mampu menggunakan lidi kelapa sebagai alat hitung pengganti sampoa.
B.Fungsi Lidi Sebagi Media Belajar
Fungsi media lidi disini adalah untuk mempermudah anak-anak SD dalam berhitung,baik perkalian,pembagian,penjumlahan,dan pengurangan,selain itu media lidi dapat juga dibentuk berbagai bentuk bangun datar seperti,persegi,segitiga,dan lain-lain.
C.Manfaat Lidi Sebagai Media Belajar
Dengan menggunakan media lidi siswa dapat belajar sambil bermain, proses belajar mengajar menjadi menarik, siswa menjadi tidak bosan terhadap materi yang disampaikan, siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru dan siswa lebih aktif dalam proses belajar mengajar,sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa.

D.Contoh dan Cara Penggunaan Lidi Sebagai Media Pembelajaran
Misalnya sebagai contoh gambar dibawah ini adalah salah satu cara untuk memberikan pemahaman kepada siswa mengenai konsep perkalian sebagai penjumlahan berulang.Dimana gambar dibawah ini menunjukan perkalian 4 x 5,yang sama artinya 5 + 5 + 5 + 5
paku
Cara penggunaan media lidi untuk menghitung perkalian 4 x 5 di atas yaitu :
1) Siswa harus menyiapkan lidi yang telah dipotong dengan ukuran kira-kira 10 cm
2) Ambilah potongan lidi tersebut sebanyak lima batang,lalu jadikan satu kelompok
3) Selanjutnya lakukan pengambilan potongan lidi seperti diatas sebanyak 4 kali
4) Untuk mendapatkan hasil perkalian tersebut siswa hanya perlu menjumlahkan semua batangan lidi tersebut.

About these ads